Langsung ke konten utama

Bagaimana Cara Agar Bisa Lebih disiplin?



Bagaimana Cara Agar Bisa Lebih disiplin?
 
Halo,
Sekarang saya akan memposting bagaimana caranya agar bisa lebih disiplin. Hayo ngaku, apakah kamu sudah disiplin? Apakah kamu masih kesiangan saat bangun pagi? Atau masihkah kamu malas-malasan ketika kamu menggapai mimpi kamu? Jika ya, simak beberapa cara di bawah. Barangkali cara-cara di bawah dapat diterapkan oleh kamu, simak ya...

1. Buanglah alasan-alasan Kamu

Ah aku sudah capek. Aku gak punya waktu. Malas. Bla... blaa.. blaa... dan alasan-alasan lainnya. Semua alasan itu sangat menggangu. Setiap alasan yang Kamu miliki, buanglah sejauh-jauhnya. Alasan-alasan kamu itu seperti racun. Ketika racun itu kamu minum, kamu akan terasa fly dan terbang, eh gak taunya malah terbang ke alam baka. Sebaiknya dibuang saja.

2. Ciptakan rutinitas

Bikin schedule atau jadwal! Jangan menunggu rutinitas ini kebetulan terjadi. Saat Kamu sedang mendisiplinkan diri, sama halnya saat memprogram sebuah robot. Tidak ada emosi yang terlibat. Kamu tidak boleh memanjakan diri kamu. Janganlah terbuai pada kenyamanan.
Jika kamu membuat jadwal harian, kamu tidak perlu menentukan apa yang harus kamu lakukan setiap bangun pagi. Kamu tidak perlu memilih dari banyak keputusan yang bisa diambil. Hal itu akan mengefektifkan harimu serta menambah rasa kedisiplinan.


3. Putuskan bahwa hal ini benar-benar bernilai bagi kamu

Tanyakan pada diri sendiri, seberapa kamu menginginkannya? Kamu tentu harus mengorbankan sesuatu. Jika Kamu benar-benar menginginkannya, maka pastinya hal tersebut sangat bernilai.

4. Berinvestasilah di dalamnya

Uang memang memiliki cara untuk mengatur prioritas Kamu. Di manakah Kamu menghabiskan kebanyakan waktu Kamu? Lihatlah ke mana Kamu paling banyak menghabiskan uang. Mungkin ada korelasi pada keduanya.
Misalkan kamu ingin menjadi penulis. Tentunya kamu perlu alat tulis. Selain itu kamu juga perlu komputer dan alat komunikasi seperti smartphone. Akan tetapi kamu juga harus memperhatikan kondisi ekonomi keluarga kamu. Jika kondisi ekonomi keluarga kamu sedang tidak stabil usahakan untuk memaksimalkan fasilitas yang saat ini kamu punya.

5. Teruslah melakukannya
Yang satu ini memang agak berat, tapi ketika kamu mau bersabar secara perlahan kamu akan terbiasa. Saat Kamu benar-benar ingin menyerah, jangan berhenti.
Meskipun kamu terus melakukannya bukan berarti kamu tidak punya waktu untuk istirahat. Jelas kamu harus beristirahat supaya kamu dapat bekerja lagi besoknya. Bekerja yang baik itu bukanlah dari segi kuantitas tapi dari kualitas. So, kamu harus bisa memproposikan waktu untuk bekerja, untuk keluarga, untuk beristirahat, dan merefresh otak kamu. Ingat jangan jadi orang yang bekerja keras, tapi jadilah orang yang bekerja cerdas!

6.  Bangun pola pikir yang positif
Ketika kamu melakukan sesuatu, usahakan kamu berpikiran positif. Misalkan, kamu suka melukis, meskipun sketsanya tampak buruk, tapi kamu harus yakin bahwa hasilnya akan bagus. Secara tidak sadar, kita memprogram otak kita untuk bekerja dengan bagus saat kita berpikiran positif. Hal ini memang tidak mudah. Tapi cara ini cukup ampuh untuk memaksimalkan kedisiplinan.

7. Berusaha dan Berdoa
Berusaha tanpa berdoa sombong. Berdoa tanpa berusaha sia-sia. Jadi kita harus melakukannya. Jangan lebih dan jangan kurang, namun harus optimal. Ketika kita mengoptimalkan segala sesuatu, semuanya akan menjadi lebih mudah. Yakinlah jika kita sudah berusaha dan berdoa, kita hanya tinggal menunggu dan tetap melakukan pekerjaan kita. Kedisiplinan kan tumbuh seiring berjalannya waktu.


Menjadi disiplin memanglah tidak mudah, tapi bukannya mustahil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang masih kurang merasa disiplin dalam menjalani hidup ini. Bagi orang yang mau berusaha jalan ada padanya, dan bagi orang yang mau memohon pasti Tuhan akan memberikan apa yang dia butuhkan. Sekian dan terimakasih.

Keytag:
Bagaimana Cara Agar Bisa Lebih disiplin?, Cara agar menjadi disiplin, menjadi disiplin, cara menjadi lebih disiplin, disiplin, disiplin dalam segala hal, membangun rasa disiplin, menjadikan diri disiplinm, membangun kedisiplinan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Disiplin vs Motivasi, Mana yang Lebih Kuat?

Halo, Teman-teman, Pagi ini saya akan menulis artikel mengenai Disiplin vs Motivasi. Omong-omong, menurut kamu mana yang lebih kuat? Kedisiplinan atau motivasi? Mungkin jawaban setiap orang akan berbeda. Ada yang mengatakan kedisiplinan atau motivasi. Daripada bingung-bingung, sebaiknya kamu simak beberapa hal berikut.

Kata-Kata Inspiratif dari Mark Zuckerberg, Seorang Pendiri Facebook serta Milyuner Termuda

Selamat pagi menjelang   siang, Pembaca Setia :D Kata-Kata dari Mark Zuckerberg, Seorang Pendiri Facebook serta Milyuner Termuda

Cara Menulis Cerita Fantasi yang Meyakinkan

Apakah Kamu suka menulis cerita fantasi? Cerita fantasi haruslah meyakinkan, orisinal, dan unik. Menulis cerita fantasi adalah proyek yang rumit karena Kamu menciptakan dunia sendiri. Akan tetapi, dengan perencanaan dan pertimbangan terukur, Kamu dapat menciptakan dunia yang menarik pembaca dan terasa nyata. Artikel ini hanyalah saran saja, jika cocok gunakan, tapi jika kurang cocok tidak usah digunakan. Yuk kita simak caranya!