Langsung ke konten utama

Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Kita, bagi yang suka mendengarkan musik simak yuk




Siapa di sini yang suka mendengarkan musik? Saya yakin kamu yang membaca artikel ini pasti suka membaca musik, entah itu musik rock, dangdut, klasik, instrumental, dll. Musik yang setiap hari selalu kita dengar memiliki kekuatan khusus untuk menggerakkan emosi kita. Musik bisa membuat kita menjadi lebih riang ataupun sedih. Musik memang sihir unik yang bisa mengubah emosi kita.

Jadi apa saja manfaat dari mendengarkan musik? Mari kita simak yuk satu per satu.

1.      Meningkatkan mood atau suasana hati


Mendnengarkan musik dapat berpengaruh pada mood kita. Kalau kita sedang galau pasti lagunya lagu yang sedih-sedih. Kalo lagi berbunga-bunga pastinya lagu yang romantis, ya gak?

Setiap orang bereaksi terhadap musik dengan cara yang berbeda. Ada yang lebih suka lagu rock atau dangdut. Tapi ada juga yang menyukai lagu yang santai seperti instrumental dan klasik.

Apapun pilihan jenis musik Kamu, sebuah penelitian tahun 2011 di Kanada yang diterbitkan pada Nature Neuroscience, telah menunjukkan bahwa mendengarkan atau memainkan musik favorit bisa membantu memperbaiki mood yang buruk.

Para peneliti di McGill University di Montreal menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang menyenangkan memicu pelepasan hormon bahagia yaitu dopamin.

2.      Membantu lebih focus dan semangat


Banyak orang yang suka bekerja sambil mendengarkan musik. Mulai dari anak sekolahan sampai orang-orang dewasa suka bekerja sambil mendengarkan musik. Tentu saja, musik dapat membuat kita menjadi lebih fokus dan semangat. Dengan mendengar musik yang kita sukai, kita menjadi lebih bergairah dalam melakukan tugas kita

Sebuah ‘tonic digital’ baru yang disebut Ubrain, yang bisa diunduh ke smartphone, diklaim bisa membantu orang untuk bisa fokus, berenergi, bangkit, serta bersantai.

Proses ini menggunakan dua ketukan yang berbeda pada tiap telinga, yang bertujuan untuk menciptakan sebuah binaural beat, yang dapat merangsang aktivitas tertentu di dalam otak.

Dengan membantu otak untuk menghasilkan gelombang tertentu, maka kita dapat menginduksi bagian yang berbeda dari kewaspadaan, tergantung pada tujuan apa yang akan kita lakukan. – jelas seorang psikolog klinis yang berbasis di Paris Brigitte Forgeot.

3.      Kemampuan bertahan serta stamina akan bertambah


Ketika sedang berolahraga atau lari pagi kita tentunya akan lebih enjoy jika sambil mendengarkan musik. Pilihan lagu terbaik untuk olahraga adalah lagu yang memiliki beat atau ketukan yang sesuai dengan tempo langkah kita berjalan, karena bisa menghasilkan efek metronomic pada tubuh, yang memungkinkan kita mampu berjalan lebih lama.

Sebuah studi di Brunel University di London Barat telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh sebanyak 15 persen, membantu menurunkan persepsi usaha selama olahraga, serta meningkatkan efisiensi energi hingga satu atau tiga persen.

4.      Melepaskan stres


Hampir sepertiga dari orang yang mendengarkan musik bertujuan untuk memberikan dorongan suasana hati. Tiga dari empat orang mengatakan, bahwa dengan mendengarkan musik membantu mereka menghilangkan stres. Musik bisa menjadi penyemangat yang bagus ketika kita merasa merasa stres.

Putarlah salah satu lagu favorit Kamu, karena itu bisa sangat menenangkan dan membantu mengurangi kecemasan atau perasaan tidak enak.

5.      Berdampak positif terhadap pasien


Musik benar-benar berdampak positif yang signifikan terhadap pasien dengan penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker dan pernapasan.

Banyak percobaan telah menunjukkan bahwa musik bisa membantu menurunkan detak jantung, tekanan darah dan membantu meredakan rasa sakit, kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

Apa jenis musiknya ?

Meskipun ada kecenderungan tertentu bahwa musik yang cepat untuk berolahraga, dan musik yang lambat untuk bersantai – memilih lagu-lagu dengan efek yang diinginkan seringkali terkait dengan pribadi masing-masing.

Pengaruh jenis musik yang berbeda terhadap suasana hati akan sangat tergantung pada preferensi individu dan kebiasaan. Jika Kamu tumbuh dengan musik rock, maka Kamu tidak mungkin bisa mendengarkan musik klasik. Dan bagi orang yang tidak tahan mendengarkan musik rock, musik jenis lain mungkin yang akan bisa membangkitkan mereka.

Apapun jenis musik Kamu, jika Kamu menyukainya, maka itulah yang bisa bermanfaat bagi kesehatan mental dan pikiran Kamu.

Mungkin sekian artikel mengenai Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Kita. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika kamu mau share ke teman-teman kamu silakan klik icon di bawah. Mohon maaf bila terdapat kesalahan kata, karena saya masih belajar dan jika anda punya komentar atau kritik boleh tulis di kolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung di Start Now (kalau bisa sering sering aja ^_^ hahahaa...)

Tag:
-Manfaat mendengarkan musik
-Manfaat musik
-Manfaat musik untuk kesehatan
-Dampak musik untuk kesehatan
-Apakah musik dapat mengurangi stres
-Apa saja manfaat musik
-Apa saja manfaat dari musik 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata-Kata Inspiratif dari Mark Zuckerberg, Seorang Pendiri Facebook serta Milyuner Termuda

Selamat pagi menjelang   siang, Pembaca Setia :D Kata-Kata dari Mark Zuckerberg, Seorang Pendiri Facebook serta Milyuner Termuda

Disiplin vs Motivasi, Mana yang Lebih Kuat?

Halo, Teman-teman, Pagi ini saya akan menulis artikel mengenai Disiplin vs Motivasi. Omong-omong, menurut kamu mana yang lebih kuat? Kedisiplinan atau motivasi? Mungkin jawaban setiap orang akan berbeda. Ada yang mengatakan kedisiplinan atau motivasi. Daripada bingung-bingung, sebaiknya kamu simak beberapa hal berikut.

Cara Menulis Cerita Fantasi yang Meyakinkan

Apakah Kamu suka menulis cerita fantasi? Cerita fantasi haruslah meyakinkan, orisinal, dan unik. Menulis cerita fantasi adalah proyek yang rumit karena Kamu menciptakan dunia sendiri. Akan tetapi, dengan perencanaan dan pertimbangan terukur, Kamu dapat menciptakan dunia yang menarik pembaca dan terasa nyata. Artikel ini hanyalah saran saja, jika cocok gunakan, tapi jika kurang cocok tidak usah digunakan. Yuk kita simak caranya!