Langsung ke konten utama

Disiplin vs Motivasi, Mana yang Lebih Kuat?





Halo, Teman-teman,

Pagi ini saya akan menulis artikel mengenai Disiplin vs Motivasi. Omong-omong, menurut kamu mana yang lebih kuat? Kedisiplinan atau motivasi? Mungkin jawaban setiap orang akan berbeda. Ada yang mengatakan kedisiplinan atau motivasi. Daripada bingung-bingung, sebaiknya kamu simak beberapa hal berikut.

Motivasi

1. Motivasi itu cepat berlalu

Motivasi datang dan pergi sesukanya. Efeknya mungkin tidak akan terasa sampai weekend, akhir hari, atau bahkan hanya bertahan sampai kamu selesai membaca sebuah artikel atau kata-kata motivasi (quotes). Benar-benar cepat berlalu.

2. Motivasi dapat membuat semangat
Meskipun motivasi cepat berlalu, motivasi tetap penting. Dengan motivasi kita dapat bergerak lebih giat dan lebih semangat. Motivasi dapat meningkatkan rasa optimisme kita terhadap pekerjaan yang kita lakukan, dan hal itu berdampak positif bagi kita dan pekerjaan kita.

3. Motivasi terikat oleh mood (situasi)


Motivasi biasanya berdasarkan pada kondisi kamu sekarang. Bagaimana perasaan kamu? Jika kamu tidak tertarik untuk melakukannya, maka kamu akan meninggalkannya. Tapi kemudian Kamu tidak melakukannya dan makin lama merasa makin malas mengerjakannya. Akhirnya karena perasaan yang tidak enak atau mood yang jelek kamu jadi tidak ingin lagi mengerjakan hal yang kamu lakukan.

4. Motivasi ada di mana saja


Motivasi memanglah tidak sulit untuk dicari. Baik itu melalui internet, buku, seminar, training motivation, atau pun yang lainnya. Di internet, banyak sekali kata-kata motivasi, atau kisah-kisah inspiratif. Hal itu tentunya akan membakar semangat kita.

Sekarang mengenai disiplin

1. Disiplin bersifat konsisten


Inilah kelebihan dari kedisiplinan ketimbang motivasi. Ketika kamu disiplin, semangat kamu akan tetap konsisten. Meskipun masalah, halangan, dan tantangan membuat kamu goyah, kamu tetap berkarya dan produktif.

2. Disiplin menjadi kebiasaan


Namun untuk menjadi disiplin tidaklah mudah. Perlu proses. Dan terkadang orang bisa jatuh dalam proses itu. Misalkan kamu ingin membaca selama 30 per hari. Kamu ingin melakukannya setiap minggu. Kamu telah menjadwalkan kapan kamu akan membaca. Tapi suatu ketika kamu bosan melakukannya, akhirnya kamu gagal dalam membuat kebiasaan itu. Tapi itu juga termasuk proses. Membentuk kebiasaan perlu proses yang panjang.

3. Disiplin tidak ada di mana-mana kecuali di dalam dirimu sendiri


Untuk menjadi disiplin bukanlah membaca karya-karya inspiratif atau menghadiri seminar-seminar motivasi. Untuk menjadi displin hanya ada di dalam dirimu saja. Disiplin adalah kekuatan dari dalam diri kamu. Kamu tidak bisa melatih kedisiplinan dengan bantuan orang lain. Kamu harus mengusahakannya sendiri. Perlu usaha dan tekad yang kuat. Secara bertahap kamu akan merasakan dampak yang luar biasa dari kedisiplinan.

Sekarang sudah tahu kan mana yang lebih kuat antara motivasi dan disiplin? Jelas kedisiplinan memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan motivasi, karena kedisiplinan lebih konsisten dan bertahan lama. Namun tetap saja kedisiplinan bisa dibangun jika memiliki motivasi yang cukup kuat. Diibaratkan motivasi adalah rangka bangunan, dan kedisiplinan adalah penyempurnaan dari rangka tersebut. Semoga kita dapat menjadi pribadi-pribadi disiplin yang produktif dan sukses. Sekian artikel dari saya, terimakasih sudah mau mampir.

Start Now! Kalau tidak mulai sekarang, kapan lagi?

Keyword
Disiplin, motivasi, apa itu disiplin, apa itu motivasi, disiplin dan motivasi, kedisiplinan, hal-hal mengenai motivasi, hal-hal mengenai kedisiplinan 

Komentar

  1. terima kasih atas perkongsian. memmang mencari-cari dasar untuk perbandingan motivasi dan disiplin. cuma nak bertanya, tuan dapat rujukan darimana ttg ini ya? sebab mahu mendalami pengetahuan tentang 2 hal ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata-Kata Inspiratif dari Mark Zuckerberg, Seorang Pendiri Facebook serta Milyuner Termuda

Selamat pagi menjelang   siang, Pembaca Setia :D Kata-Kata dari Mark Zuckerberg, Seorang Pendiri Facebook serta Milyuner Termuda

Cara Menulis Cerita Fantasi yang Meyakinkan

Apakah Kamu suka menulis cerita fantasi? Cerita fantasi haruslah meyakinkan, orisinal, dan unik. Menulis cerita fantasi adalah proyek yang rumit karena Kamu menciptakan dunia sendiri. Akan tetapi, dengan perencanaan dan pertimbangan terukur, Kamu dapat menciptakan dunia yang menarik pembaca dan terasa nyata. Artikel ini hanyalah saran saja, jika cocok gunakan, tapi jika kurang cocok tidak usah digunakan. Yuk kita simak caranya!