Langsung ke konten utama

Melakukan Apapun Demi Trending dan Viral, Apakah Worth It?


Melakukan Apapun Demi Trending. Apakah Worth It?
Ilustrasi: Beragam sosial media

Di zaman sekarang siapa sih yang nggak main media sosial, seperti Instagram, Youtube, dan Tiktok? Dari bocil-bocil, remaja, bapak-bapak, ibu-ibu, sampe kakek-nenek udah sangat familiar dengan media sosial.
Cuman Anda pasti udah nggak asing dengan fenomena orang-orang melakukan segala hal demi trending, demi viral.

Jika dilakukan dengan cara yang positif seperti unjuk bakat, kebolehan, atau suatu karya media sosial ini akan menjadi wadah yang sangat bermanfaat untuk memberikan pengaruh dan inspirasi. Dengan pengaruh dan inspirasi ini kehidupan kita secara global akan menjadi lebih baik.

Tapi,

Bagaimana seandainya melakukan hal yang negatif untuk menjadi viral?

Bagaimana seandainya melakukan hal yang negatif untuk menjadi viral?
Ilustrasi: Menyuarakan kebencian

Kita sering banget lihat fenomena di mana orang-orang melakukan hal-hal yang nyeleneh untuk viral, diantaranya:
  • Ngomong kasar
  • Menghina dan mengujarkan kebencian
  • Perkelahian dan permusuhan
  • Pamer-pamer kekayaan (yang ujungnya bisa jadi sarang penipuan)
  • Hoax
  • Menyebarkan hal yang tidak bermanfaat dan absurd
  • Dan lain-lain
Sebenarnya untuk perorangan, hal-hal semacam ini tidak akan menimbulkan banyak masalah. Tergantung diri kita sendiri. Tetapi, sayangnya pengaruh-pengaruh buruk ini bisa menjalar ke orang lain yang mungkin bisa terjerumus pada hal-hal yang tidak baik ini. Pada akhirnya ini akan menjadi masalah lingkungan, dan tentu akan bisa mengganggu kehidupan kita sehari-hari.

Dampaknya bukan hanya untuk penikmat konten itu saja, tetapi juga untuk pembuat konten itu sendiri! Apakah Anda tahu mengenai...

Star Syndrome / Sindrom Bintang?

Star Syndrome / Sindrom Bintang
Ilustrasi seseorang yang sedang viral dan terkenal

Disclaimer, saya bukan seorang ahli atau pakar, hanya berbagi informasi yang bisa Anda telusuri lebih lanjut.

Sederhananya, Sindrom Bintang ini adalah ketika seseorang merasa seperti seorang superstar, seorang tokoh idola yang dikagumi banyak orang.

Tetapi, seperti kata pepatah: tak ada yang abadi. Bilamana karirnya menurun, orang-orang yang lagi trending dan viral ini, yang merasa sukses, harus menghadapi sesuatu yang tidak diharapkan.

Trending dan viral itu tidak selamanya, sifatnya sementara. Oke, sementara ini juga bisa lama, bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Tapi Anda pasti udah nggak asing dengan tokoh-tokoh ternama yang sukses namun tiba-tiba redup.

Nah jika mereka yang bener-bener berbakat aja bisa redup, lah apalagi seseorang yang tidak jelas yang muncul di jagat maya bukan karena karya tapi karena kenyelenehan. Kata orang, itu disebut hoki.

Tapi kalau keberuntungan udah pergi, dan orang ini masih bersikap kayak orang sukses, itu bahaya. Hal tersebut bisa memicu efek-efek psikologis seperti stres dan depresi.

Kesimpulan

Oleh karena itu untuk konten kreator, atau siapapun yang ingin menjadi trending dan viral, fokus utama kalian adalah untuk memberikan pengaruh yang positif melalui karya dan didukung dengan sikap yang rendah hati.

Karena kalian akan menjadi seseorang yang memberikan pengaruh dan inspirasi. Banyak orang-orang yang akan meniru Anda. Pastikan apa yang Anda lakukan akan menciptakan dan melahirkan karya-karya baru yang layak untuk diangkat dan dibanggakan.

Dan untuk kita yang menonton dan mengamati, kita harus belajar untuk mendukung orang yang tepat. Orang-orang yang viral karena hal-hal konyol ada, karena dukungan netizen. Kita harus lebih bijaksana dalam memutuskan apa yang kita tonton dan apa yang kita nikmati.

Hal-hal sederhana seperti like dan komentar, bisa menentukan kualitas mana konten yang baik dan mana konten yang tidak baik. Pada akhirnya ini akan menentukan orang mana yang layak untuk menjadi viral dan trending, apakah orang-orang dengan karya atau orang-orang yang rupanya tidak bisa apa-apa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Disiplin vs Motivasi, Mana yang Lebih Kuat?

Halo, Teman-teman, Pagi ini saya akan menulis artikel mengenai Disiplin vs Motivasi. Omong-omong, menurut kamu mana yang lebih kuat? Kedisiplinan atau motivasi? Mungkin jawaban setiap orang akan berbeda. Ada yang mengatakan kedisiplinan atau motivasi. Daripada bingung-bingung, sebaiknya kamu simak beberapa hal berikut.

Kata-Kata Inspiratif dari Mark Zuckerberg, Seorang Pendiri Facebook serta Milyuner Termuda

Selamat pagi menjelang   siang, Pembaca Setia :D Kata-Kata dari Mark Zuckerberg, Seorang Pendiri Facebook serta Milyuner Termuda

Cara Menulis Cerita Fantasi yang Meyakinkan

Apakah Kamu suka menulis cerita fantasi? Cerita fantasi haruslah meyakinkan, orisinal, dan unik. Menulis cerita fantasi adalah proyek yang rumit karena Kamu menciptakan dunia sendiri. Akan tetapi, dengan perencanaan dan pertimbangan terukur, Kamu dapat menciptakan dunia yang menarik pembaca dan terasa nyata. Artikel ini hanyalah saran saja, jika cocok gunakan, tapi jika kurang cocok tidak usah digunakan. Yuk kita simak caranya!